mengapa harus belajar bahasa indonesia  

Rabu, 17 Februari 2010

Nama: Ary sudaryatno
Kelas : 3ka02
Pelajaran : bahasa Indonesia 2


MENGAPA HARUS BELAJAR BAHASA INDONESIA

Pentingnya bahasa bagi setiap manusia sudah tidak perlu diragukan lagi.Hal itu tidak saja dapat dibuktikan dengan menujukan pemakaian bahasa dalam kehidupan sehari-hari , tetapi juga dapat dibuktikan dengan menunjukan banyaknya perhatian para ilmuan , masyarakat , dan praktisir terhadap bahasa . Bahasa dalam kehidupan sehari-hari sangat penting , contohnya : Pada polisi bahasa digunakan dan dipelajari untuk menemukan ciri kata atau kalimat dari gaya bahasa yang dapat menyentuh hati nurani orang-orang disekitarnya sehingga dapat mempengaruhi mereka . Bahasa juga tidak digunakan hanya untuk orang – orang yang mempunyai keterbatasan dalam berbahasa dan juga digunakan kepada binatang.

Dalam kehidupan bahasa berfungsi sebagai alat untuk berkomunikasi alat mengekspresikan diri, alat berinteraksi , alat beradaptasi , alat control social dan sebagainya. Selaku makhluk social yang memperhatikan orang lain sebagai mitra berkomunikasi . manusia memang memakai dua cara untuk berkomukasi manusia yaitu dengan bahasa verbal dan bahasa nonverbal . bahasa verbal dilakukan dengan menggunakan alat atau media bahasa lisan dan bahasa tulisan , sedangkan bahasa nonverbal dilakukan menggunakan media selain bahasa .media yang digunakan dalam bahasa nonverbal yaitu berupa symbol , isyarat , kode, dan bunyi seperti tanda lalu lintas,morse, lambian tangan , sirene, tentongan,atau terompet .Dan dua cara tersebut menunjukan bahwa bahasa tidak hanya digunakan untuk orang-orang yang tidak mempunyai keterbatasan dalam berbahasa, seperti pada bahasa isyarat yang digunakan oleh tunarungu untuk berkomunikasi untuk berkomunikasi symbol yang terdapat disekeliling kita ,morse yang sering digunakan oleh para pendaki apabila ada sesuatu dan sebagainya ,jadi bahasa tersebut tidak dapat digunakan tanpa belajar terlebih dahulu agar bias mengunakannya serta bisa berkomunikasi dengan orang yang bersangkutan.
Berdasarkan situasi pemakaiannya bahasa digunakan dalam formal ,semiformal, dan nonformal. Dalam bahasa formal dan semiformal biasanya digunakan pada situasi resmi, status komunikan tinggi , dalam pendidikan ,dan pada saat topic pembicaraan bersifat serius . Sedangkan pada bahasa nonformal biasanya digunakan jika penutur dan komunikasinya dari etrik yang sama,pada sesame teman ,mitra yang status sosialnya tidak tinggi ,dan lainnya. Jadi penetapan penggunaan bahasa dalam berkomukasi bergantung pada situasi,topic pembicaraan, serta bentuk hunbungan antara pelaku.

Mengapa harus belajar bahasa Indonesia, pada dasarnya banyak orang yang menganggap belajar bahasa Indonesia itu mudah akan tetapi penerapannya dan hasil yang dicapai dalam belajar bahasa Indonesia tidak sesuai dengan ucapan yang dibilang mudah tersebut. Menurut saya mengapa harus belajar bahasa Indonesia itu penting , karena bahasa Indonesia adalah bahasa yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dari kehidupan tersebut kita belum menggunakan dengan baik dan benar bagaimana kita bisa mengunakan bahasa lain sedangkan bahasa sendiri kita saja belum benar dan baik menggunakan . seperti pada saat menulis , membaca , menyimak , dan menerima suatu media yang berhubungan erat serta sering digunakan dalam sehari-hari dengan bahasa kita belum baik dan benar melakukannya . Sering kali kita sulit mengetahui arti dari bahasa kita sendiri dan sulit untuk menggunakan bahasa Indonesia, Padahal bahasa itu milik kita . Bagaimana kita bisa disebut sebagai bangsa Indonesia kalau kita tidak mengetahui bahasa kita sendiri ,alangkah sedihnya kita kalau sampai bangsa lain tahu dan bagaimana kita bisa memberikan contoh yang baik, menceritakan sejarahnya untuk generasi kita berikutnya kalau kitanya sendiri tidak mengetahui tentang bahasa itu sendiri yaitu bahasa Indonesia. Oleh sebab itu mengapa pentingnya belajar bahasa Indonesia menurut saya .

Design by Blogger Buster | Distributed by Blogging Tips